Senin, 23 April 2012

Cara Membuat Catatan Kaki (Footnote) di Ms Word




Cara Membuat Catatan Kaki (Footnote) di Ms Word Footnote alias catatan kaki berguna untuk memberikan keterangan atau uraian terkait dengan tulisan pada dokumen yang kita buat. Umumnya catatan kaki dipakai pada karya tulis, skripsi, thesis, laporan ilmiah ataupun lainnya. Footnote umumnya berupa nomor bilangan kecil yang ditulis dalam bentuk seperti pemangkatan (superscript). Fasilitas untuk menyisipkan catatan kaki (footnote) pada dokumen disediakan di Microsoft Word dan cara untuk membuat Catatan Kaki atau footnote bisa anda ikuti langkah berikut.
1. Pilih Lokasi Penempatan Footnoote
Pilih posisi atau lokasi penempatan footnote dan tempatkan kursor editor (umumnya berupa garis vertikal kedap-kedip) di lokasi tersebut. Cara mudahnya klik saja lokasi tersebut.
2. Memulai Proses Menyisipkan Footnote
Ada dua cara menyisipkan footnote.
  • Cara pertama, melalui ribbon. Klik tombol Menu Ribbon References lalu klik tombol Insert Footnote.
  • Cara kedua, melalui keyboard shortcut. Jika Microsoft word anda mendukung kompatibilitas dengan Microsoft word 2003, maka anda bisa menggunakan shortcut ALT+I,N,N
3. Panduan Mengisikan Dialog Footnote
Setelah mengklik tombol insert footnote atau mengaktifkan melalui keyboard shortcut, anda akan ditampilkan sebuah dialog untuk menyisipkan footnote.
Untuk mengisi dialog Footnote and Endnote tersebut:
  • Untuk bagian Location pilih opsi Footnotes. Pada kotak yang tersedia, pilih bottom of page untuk menaruh keterangan di bagian bawah halaman / kertas kerja.
  • Untuk bagian Format.
    1. pilih Number format sesuai dengan format yang anda inginkan, apakah bentuk penomoran :1, 2, 3,… ; a, b, c, …; A, B, C,…; i, ii, iii,… ; atau I, II, III, …
    2. isikan Custom mark jika anda ingin footnote anda berupa simbol, kata, atau apapun yang anda inginkan untuk dijadikan footnote.
    3. Isikan Start at dengan angka yang paling kecil yang anda inginkan yang akan digunakan sebagai awal dari nomor footnote.
    4. Numbering. Jika anda menggunakan format nomor (lihat pilihan number format), apakah ingin nomor tersebut sekuensial alias berurutan untuk keseluruhan dokumen atau untuk setiap section dimulai kembali dengan angka yang sudah anda isikan di kotak Start At di atas.
4. Sisipkan Footnote
Setelah selesai mengisi format untuk footnote, baca sekali lagi untuk memastikan semua telah sesuai dengan apa ang anda inginkan. Selanjutnya klik Insert untuk menambahkan footnote pada dokumen anda.
  • Jika anda menggunakan footnote dan endnote, gunakanlah penomoran yang berbeda. Misalkan footnote menggunakan penomoran 1,2,3,… sedangkan endnote menggunakan i, ii, iii, … . Hal ini untuk menghindari terjadinya kesalahan penomoran referensi yang sama.
  • Jika anda ingin menghapus footnote anda dapat menghapus angka kecil yang ada di ketikan dokumen anda maka angka dan keterangan / uraian yang ada di catatan kaki yang ada di bagian bawah halaman otomatis akan ikut terhapus

Tidak ada komentar: